Wisata bekantan sungai hitam lestari terletak dikampung padang, Kelurahan Kampung lama,  Kecamatan Samboja,  Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Wisata bekantan merupakan Wisata Menyisir Sungai Hitam menggunakan Perahu Tradisional Dengan Mesin ketinting untuk melihat satwa bekantan yang ada dipepohonan pinggiran sungai hitam. Daya tariknya adalah kehidupan liar para bekantan itu. Bekantan tergolong berbeda dari hewan-hewan jenis primata lainnya seperti kera, lutung, orangutan, dan lain-lain.

Perjalanan menyisir sungai untuk melihat keindahan sungai dan bertemu satwa Bekantan berkisar 1 jam perjalanan.

Tamu yang berkunjung kewisata bekantan sungai hitam kebanyakan Turis dari eropa mereka sangat senang dan tertarik untuk berjumpa binatang berhidung mancung tersebut.

Hewan yang satu ini memiliki hidung panjang yang berwarna merah. Bulunya ada yang berwarna coklat muda, ada juga yang agak putih. Bekantan sejak lama menjadi maskot Kalimantan.

Kini, hewan ini dilindungi sehingga habitatnya tak boleh diganggu. Namun wisatawan boleh saja melihat langsung hewan ini dengan mengunjungi habitat aslinya.

Hewan-hewan ini biasanya bergelantungan di pepohonan. Mereka lucu-lucu. Saling cari kutu dengan pasangannya atau mesra-mesraan berbagi makanan. Kadang juga bertengkar rebutan pisang. Jika cuaca cerah, mereka kerap bertebaran di bawah pohon.

Namun jika cuaca mendung atau hujan, mereka tak tampak. Walau begitu, tetap ada saja beberapa ekor yang masih tampak bergelantungan di pohon.